Belanda Kembalikan 472 Artefak asal Indonesia kepada Pemerintah RI

“Indonesia, dalam hal ini Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek akan melakukan konservasi dan pemanfaatan terbaik untuk benda-benda budaya ini,” kata Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, dalam keterangan resmi yang dikutip Nara Times, Senin 10 Juli 2023.

Mengungkap pengetahuan sejarah dan asal-usul benda-benda seni bersejarah yang selama ini belum diketahui masyarakat. (Foto: KBRI Den Haag)

Hilmar Farid, mewakili pemerintah Indonesia, menerima penyerahan koleksi benda-benda bersejarah dari pihak Belanda, yang diwakili Menteri Muda Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Kerajaan Belanda Gunay Uslu.

Menurut Hilmar, repatriasi benda bersejarah tersebut bukan hanya memindahkan barang dari Belanda ke Indonesia.

Penyerahan benda bersejarah ini mengungkap pengetahuan sejarah dan asal-usul benda-benda seni bersejarah yang selama ini belum diketahui masyarakat.

Hilmar Farid dan Gunay Uslu di depan arca dari abad ke-13 masehi. (Foto: KBRI Den Haag)

Kerja sama bidang repatriasi ini berkembang menjadi program-program kerja sama museum, dan penelitian yang melibatkan para ahli dari kedua Negara.

Selain itu juga pengembangan program beasiswa bagi para sarjana yang melakukan penelitian di dalam bidang repatriasi benda kolonial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :