Nasi Bakar OTW Viral di Belanda, Lalu “Diekspor” ke Prancis (1)

Penulis: Yuke Mayaratih

Kabarbelanda.com, Deventer – Siapa yang tak kenal dan suka nasi bakar? Di Indonesia, tentu hampir semua orang mengenalnya. Aroma nasi yang diberi bumbu, santan, dan lauk, dibungkus daun pisang, dan kemudian dibakar di atas arang itu tentu saja sangat menggugah selera. Tak terkecuali untuk warga Indonesia di Belanda, dan juga warga Belanda sendiri.   

Nasi Bakar OTW buatan Ratih yang digemari warga Indonesia di Belanda. Selain harganya murah, enak, isinya juga sangat variatif. (Yuke Mayaratih)

Adalah Nasi Bakar OTW yang viral sejak dua tahun terakhir. Disebut OTW (on the way) karena nasi bakar ini diantarkan ke titik temu (point place) di stasiun kereta api terdekat dengan pelanggannya. Warga Indonesia di Belanda beramai-ramai membeli nasi bakar buatan diaspora Indonesia itu.

Sosok di balik ngehitsnya nasi bakar itu adalah Ratih Ayu, perempuan 41 tahun yang sudah 16 tahun menetap di Belanda. Ibu dua anak cowok (Javaro, 13 tahun, dan Rajava, 6 tahun) yang memang hobi masak itu, awalnya membuat dan memasarkan kue-kue dan makanan Indonesia. 

Ratih bersama Javaro & Rajava saat mereka kecil. Javaro sekali makan sampai habis 3 potong ayam. (Yuke Mayaratih)

“Awalnya aku tawarkan ke teman-teman di Deventer, lalu saudara suami. Ternyata semua pada suka kue bikinan saya. Seperti lemper, lumpia semarang, dan aneka snacks khas Indonesia. Saya nggak menyangka, ternyata banyak yang suka. Bahkan untuk pesta keluarga, acara natal dan akhir tahun ada yang pesen sampai 600 biji. Lama-lama ada yang tanya, bisa bikin peyek nggak? Saya jawab ‘bisa’. Bikin bakso? ‘Bisa’. Dari situlah saya mulai menerima pesanan makanan tradisional,” tutur perempuan dari  keluarga pebisnis kuliner itu.

4 Comments on “Nasi Bakar OTW Viral di Belanda, Lalu “Diekspor” ke Prancis (1)”

  1. Thanks for one marvelous posting! I enjoyed reading it; you are a great author.I will make sure to bookmark your blog and may come back someday. I want to encourage that you continue your great posts, have a nice weekend!

  2. I am commenting to let you know what a terrific experience my daughter enjoyed reading through your web page. She noticed a wide variety of pieces, with the inclusion of what it is like to have an awesome helping style to have the rest without hassle grasp some grueling matters.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :