Ketika Decoupage Jadi Teman Pelipur Lara Di Perantauan

Secara harfiah, Decoupage artinya menggunting/memotong. Sebagai suatu kerajinan tangan, Decoupage adalah seni menggunting/memotong bagian dari tisu untuk ditempelkan pada benda atau barang yang kita miliki.

Bagi pemula biasanya hanya menempelkan kertas tisu bermotif ke objek benda saja. Jadi tidak menggunting potongan gambar yang ada di kertas tisu tadi. Tantangannya adalah kertas tisu yang dipakai harus memiliki corak atau motif tisu yang cantik. Supaya benda atau objek yang tadinya berwarna polos bisa memiliki motif dan menjadi karya yang menarik.

Setelah terbiasa dengan teknik dasar menempel, bisa dilanjutkan dengan teknik gunting-tempel. Tingkat kesulitannya tentu lebih tinggi. Semakin sering berlatih dan teliti tentu hasilnya akan semakin rapih dan cantik.

Memadukan tas dan sepatu menjadi cantik dan unik (foto: dok.pribadi)

Mereka yang sudah mahir, tentu tidak lagi menggunakan gunting untuk mengambil motif dari kertas tisu tadi. Tetapi dengan cara merobek secara perlahan sampai keseluruhan gambar atau motif yang akan ditempelkan ke benda lain itu terlepas sempurna. Tentu saja ini akan memberikan hasil akhir yang lebih natural. Dari satu lembar tisu kita bisa mengambil satu, dua atau tiga gambar saja. Misalnya yang paling menarik adalah motif bunganya saja.

Kemudian potongan gambar yang sudah digunting atau dirobek tadi kita re lay out atau ditempelkan di objek benda yang kita miliki . Misalnya tas atau sepatu kanvas. Setelah tertempel pada tempatnya, potongan gambar tersebut kita oles lagi dengan lem supaya menempel lebih kuat.

Langkah terakhir adalah pernis atau dalam bahasa Belanda vernis. Jika proses  penempelan gambar sudah selesai, seluruh permukaan objek benda atau barang tadi dipoles dengan pernis. Tujuan penggunaan pernis supaya hasil karya kita bisa tahan lebih lama. Karena itu mengoles pernis perlu dilakukan beberapa kali atau berlapis-lapis. Paling tidak sebanyak tiga kali.

Tas decoupe kesayangan ( Foto: koleksi pribadi)

Pertanyaan selanjutnya, jenis pernis apa yang digunakan? Ada banyak pernis untuk Decoupage yang bisa kita beli di toko maupun secara online. Untuk objek benda yang mudah kena air atau udara luar, misalnya meja di teras, sebaiknya menggunakan pernis yang anti air. Setelah dipernis, objek benda/barang tadi harus dibiarkan di udara terbuka atau diangin-anginkan selama 24 jam.

Dimana sih letak tantangannya mengerjakan Decoupage? Relayout merupakan tingkat yang memacu adrenalin para Decoupager (sebutan untuk para pelaku decoupage). Lay out yang berbeda memberikan hasil yang tentu saja berbeda

Art of sense tiap orang tidak sama. Setiap orang memiliki pilihan corak tisu yang tentu berbeda sesuai selera. Ada yang senang corak vintage, ada yang senang pemandangan. Ada yang memburu gambar binatang dan tentu saja yang paling terfavorit adalah motif aneka jenis bunga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :