Berlatih Aikido di Amsterdam, Perjalanan Mencari Kedamaian

Saya juga merasa mendapatkan komunitas yang peduli satu dengan yang lainnya. Sesuatu yang jarang saya temukan di belantara Amsterdam yang cenderung individualis dan merasa asing satu sama lain.

Setelah lebih dari satu tahun berlatih Aikido dengan rutin, akhirnya saya berhasil lolos ujian dan mendapatkan kenaikan tingkat pertama. Bagi saya, lolos kenaikan tingkat bukanlah yang utama, melainkan bagaimana menikmati proses dari latihan itu sendiri.

Bersyukur rasanya melihat diri saya bertumbuh, mendapatkan kembali keberanian dan kepercayaan diri yang sempat terjun bebas. Bagi saya, berlatih Aikido adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah saya ambil selama tinggal di Belanda.

Dengan aikido, saya belajar berdamai dengan keadaan dan diri sendiri, sekaligus melampaui keterbatasan.

Saya jadi ingat salah satu quote yang terkenal dari Morihei Ueshiba, the O-sensei, pendiri Aikido. “Be grateful even for hardship, setbacks, and bad people. Dealing with such obstacles is an essential part of training in the Art of Peace.”

Berikut Info Aikido di Amsterdam : Zenshin Aikido Amsterdam. https://www.zenshinamsterdam.com. Jadual latihan setiap Rabu (Pk 06:30 PM) dan Sabtu (Pk 11:00 AM) dengan biaya 45 euro/bulan

*Penulis adalah mahasiswa Ph.D, Amsterdam UMC, University of Amsterdam dan tinggal di Amsterdam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :