Perkuat Ikatan Budaya Lewat Pertukaran Pengetahuan Museum Belanda-Indonesia

Kabarbelanda.com, Jakarta –  Belanda dan Indonesia telah memulai program kerjasama budaya yang substansial yang  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para profesional museum di Jakarta.

‘Program Pertukaran  Pengetahuan Museum’ akan memungkinkan pertukaran ide dan pengalaman, sehingga memperkuat sektor  museum. Inisiatif ini merupakan kerjasama antara Kedutaan Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia, Timor Leste, dan ASEAN, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dutch Cultural Heritage Agency (RCE) dan Reinwardt  Academy. 

Program paralel juga sedang dilaksanakan bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan,  Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia.  Program Pertukaran Pengetahuan Museum’ didirikan sebagai tanggapan atas permintaan dari Pemerintah  Provinsi DKI Jakarta.

Tujuan utama program meliputi: pertukaran praktik terbaik dari Belanda yang dapat  diterapkan pada museum di Jakarta, memfasilitasi pertukaran antar-rekan untuk mengatasi tantangan saat ini  melalui lokakarya kreatif, membentuk citra modern untuk museum di Jakarta agar menarik pengunjung selama  dan setelah pandemi, dan mengidentifikasi potensi kerjasama antara museum di Belanda dan Jakarta. 

Sesi pelatihan perdana telah diadakan pada Oktober 2023, berfokus pada manajemen strategis  museum.  Tiga puluh peserta dari sembilan belas museum, unit budaya, dan galeri merumuskan strategi  manajemen museum menggunakan kanvas model bisnis. Sesi ini menekankan pentingnya menetapkan visi  dan misi yang jelas, menyelaraskan peran staf, dan mengintegrasikan strategi pemasaran kontemporer. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :