Lente Musim yang Paling Ditunggu di Belanda

Penulis: Azuzan JG

Kabarbelanda.com – Belanda dikenal dunia dengan bunga tulipnya. Ikon negeri Belanda ini hanya mekar di musim semi. Di Belanda, musim semi ini dinamakan lente.

Saat lente, matahari tampak mulai bersinar penuh. Cahayanya tidak terhalang kabut seperti di musim dingin. Kehangatan mulai terasa di mana-mana. Daun-daun di pepohonan bermunculan.  Bunga-bunga pun bermekaran.

Bunga tulip, ikon negeri Belanda. (Andre Lusa)

Burung-burung berterbangan. Anak-anak angsa dan bebek liar yang baru menetas, berenang beriringan bersama induk mereka di danau-danau dan kanal-kanal di seluruh Negeri Kincir Angin itu.

Tahukah anda? Di musim lente, hari menjadi lebih panjang. Itu karena sumbu rotasi bumi miring sekitar 23,5° dari garis tegak lurus terhadap orbit Bumi mengelilingi Matahari.

Bunga-bunga bermekaran di taman. (Andre Lusa)

Akibatnya, kemiringan sumbu Bumi ke arah atau menjauhi Matahari menjadi bervariasi sepanjang tahun.

Ini penyebab kenapa cahaya matahari sudah ada jam 6 pagi di musim semi, dan sekitar jam 8 pagi baru terlihat di musim dingin. Dan ini sebab kenapa di saat Lente jarum jam dimajukan 1 jam, dan di mulai musim gugur jarum jam dimundurkan 1 jam.Saat lente, orang-orang di Belanda tampak lebih bersemangat. Mereka berjalan-jalan atau bisa melakukan jogging pada pukul 8 malam, yang tampak masih seperti sore hari.

Angsa liar dan anak-anaknya berenang di danau. (Andre Lusa)

Bagi yang hobi bersepeda, mereka bisa mengayuh sepedanya hingga berkilo-kilometer jauhnya menyusuri jalan-jalan di tepi kanal.

Di musim lente, banyak  digelar festival-festival seni. Festival film, musik, tari, teater, hampir terdapat di setiap kota. Aktivitas di luar ruang pun bermunculan di mana-mana.

Saat lente, jogging pada pukul 8 malam terlihat seperti sore hari. (Andre Lusa)

Itu sudah menjadi tradisi. Penduduk pun suka saling ngobrol sambil minum kopi atau makan malam bersama teman-teman mereka di teras-teras restoran, bukan di dalam ruangan.

BACA JUGA :   Bersyukur, WNI di Belanda Rayakan Koningsdag 2021 dalam Suasana Pandemi

Di masa ini, bau daging dipanggang tercium di mana-mana. Orang-orang mengundang teman-teman mereka untuk barbeque. Memanggang berbagai macam daging dan sayuran di taman belakang rumahnya.

Saatnya membenahi taman. (Andre Lusa)

Di musim lente, banyak penduduk yang sibuk membenahi rumah dan tamannya. Toko-toko yang menjual bahan bangunan dan penjual tanaman hias ramai dikunjungi.

Bagi yang ekonominya berkecukupan, inilah saat mengganti perabotan rumah yang lama dengan yang baru, mengecat rumah, mengganti atap dengan bahan yang lebih baik, atau membenahi taman di belakang rumah.

Musim semi, musim yang paling ditunggu. (Andre Lusa)

Tapi bagi orang yang hidup dengan ekonomi pas-pasan, musim lente adalah saat “berburu” peralatan rumah bekas pakai dengan harga sangat murah melalui toko-toko online.

Perkebunan tulip di musim semi. (Andre Lusa)

Mesin cuci piring, kulkas, mesin cuci baju, bisa didapat dengan harga 50 euro dalam kondisi bekas, atau cuma sepersepuluh dari harga baru.

Ya, lente adalah musim yang paling ditunggu warga Belanda.

Editor: Tian Arief

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  +  20  =  21