Cokelat Indonesia Go Eropa, ACBI Hadir di Pameran Pangan SIAL Paris 2024

Kabarbelanda.com, Paris –   Kakao , salah satu komoditas perkebunan yang memiliki prospek sangat menjanjikan. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini tumbuh subur di kawasan tropis, termasuk Indonesia yang memegang urutan ketiga terbesar dunia dalam produksi biji kakao. 

Predikat produsen kakao terbesar di dunia ini didapat Indonesia pada tahun 2020, setelah Pantai Gading dan Ghana di Afrika. Produksi kakao Indonesia pada 2020 mencapai 659,7 ribu ton, yang berkontribusi pada pasar global sebesar 9,17 persen.

Aprilia Melissa, media relations Asosiasi Cokelat Bean to Bar Indonesia (ACBI) menyatakan harga biji cokelat dunia terus meningkat. Meski begitu, mereka optimis permintaan pasar tetap tumbuh. Untuk itu, ACBI akan mempresentasikan produk Indonesia di pameran Salon International de l’Alimentation (SIAL) Paris pada 19-23 Oktober 2024 

Indonesia harus memanfaatkan peluang idengan aktif di pameran internasional, termasuk di Eropa. (Foto: ACBI)

Aprilia menyatakan Indonesia harus memanfaatkan peluang ini dengan aktif di pameran internasional, termasuk di Eropa. Pasar global sangat membutuhkan produk kakao berkualitas tinggi, terutama biji cokelat single origin.

Ia menekankan pentingnya mendata potensi single origin di setiap daerah. Juga, mendidik petani lokal untuk fermentasi biji cokelat. Dengan cara ini, produk biji cokelat Indonesia siap memasuki pasar premium.

Aprilia memberi contoh biji cokelat dari Berau, Kalimantan Utara, sebelumnya tidak dikenal. Namun, berkat kelompok yang menggarap fermentasi cokelat, produk ini kini diminati pasar. Ini menunjukkan adanya literasi gastronomi melalui kuliner yang berkontribusi pada pengembangan pariwisata lokal.

Meskipun biji cokelat Derawan lebih dikenal, Berau masih perlu pengenalan. Kedua sektor ini dapat berkolaborasi untuk meningkatkan potensi pertanian dan pariwisata daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :