Belanda Kembalikan 288 Obyek Budaya ke Indonesia

Kabarbelanda.com  – Pemerintah Indonesia dan Belanda menandatangani kesepakatan repatriasi atau pengembalian sebanyak 288 benda cagar budaya asal Indonesia, di Wereldmuseum, Amsterdam, pada Jumat,  20 September 2024, pukul 15:00 CET.

Sebagai tanggapan atas permintaan Indonesia, Belanda mengembalikan 288 obyek dari Koleksi Negara Belanda ke Indonesia. Ratusan obyek budaya tersebut dibawa ke Belanda selama periode kolonial dan memiliki nilai budaya bagi Indonesia.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mewakili Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda Eppo Bruins.

Eppo Bruins, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda, telah memutuskan untuk mengembalikan ratusan obyek budaya Indonesia.

Menteri Bruins mengikuti saran dari Komite Koleksi Kolonial yang dipimpin Lilian Gonçalves-Ho Kang You. Obyek budaya yang dimaksud saat ini berada di dalam koleksi Wereldmuseum.

Sebagai tanggapan atas permintaan Indonesia, Belanda mengembalikan 288 obyek dari Koleksi Negara Belanda ke Indonesia. (Foto: Wereldmuseum Amsterdam)

Para ahli dan organisasi di bidang museum dan koleksi di Belanda dan Indonesia bekerja sama secara intensif untuk mewujudkan pengembalian tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :