Melawan Segala Arus, Monumen Kenangan Jurnalis Peter R. De Vries

Penulis : Anastasia S.

Kabarbelanda.com –  Dua tangan berwarna  kehijauan tampak saling menyentuh di alun alun Leidsplein, Amsterdam.  Patung  perunggu karya seniman Rini Hurkmans tersebut didirikan untuk mengenang jurnalis Peter Rudolf de Vries yang meninggal dunia karena ditembak pada  6 Juli 2021.

Monumen “Melawan Segala Arus” tersebut diresmikan  pada 15 Juli 2024, dengan kehadiran Walikota Amsterdam, Femke Haselma, sang seniman Rini Hurkmans dan keluarga Peter R. de Vries.

Bentuk dua tangan itu mewakili esensi gagasan Peter R. de Vries, dimana dua tangan yang saling bersentuhan, mendukung, mengajak, dan melindungi.

Monumen ‘Melawan Segala Arus’ antara lain menyampaikan keadilan, kasih sayang, dan ketegasan yang merupakan pesan yang ditinggalkan Peter R. de Vries dalam surat perpisahannya.

“Tetaplah menjadi dirimu sendiri… Bila perlu, bela yang lemah dan kaum minoritas, katakan apa yang kamu pikirkan dengan jujur ​​dan dengarkan rasa keadilanmu. Dan wariskan itu kepada anak-anakmu. Maka semuanya akan baik-baik saja.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :