Berlatih Aikido di Amsterdam, Perjalanan Mencari Kedamaian

Bersama anggota dan pelatih (Foto: Koleksi pribadi)

Secara personal, saya merasa cocok dengan filosofinya. Apalagi ketika saya melihat teknik gerakan yang efektif menangkis serangan, sekaligus tampak indah dan elegan secara bersamaan. Saya jadi terpesona dan semakin termotivasi untuk mencobanya.

Keyakinan saya bertambah, setelah tahu bahwa Aikido terbukti efektif membantu mengelola kedukaan berdasarkan riset ilmiah.

Setelah mencari informasi di internet, saya memutuskan untuk mencoba latihan di sebuah dojo kecil tidak jauh dari rumah saya di Amsterdam. Dojo itu dipimpin seorang sensei (guru) yang berpengalaman dan memegang sabuk hitam Dan 6 ( Istilah untuk tingkat keterampilan dan pengetahuan seseorang dalam ilmu bela diri,-red).

Walaupun secara kompetensi sensei ini sudah sangat tinggi, tapi dia sangat sabar mengajar para muridnya yang kebanyakan masih pemula. Saya menikmati betul saat latihan pertama kali.

Menikmati latihan pertama. (Foto: Koleksi pribadi)

Tanpa diduga saat bangun keesokan harinya, ada perasaan tenang yang luar biasa. Perasaan tenang pertama yang saya raih kembali setelah beberapa bulan bergelut dengan kedukaan yang intens. Saya pun mantab bergabung dengan dojo ini dan mulai latihan rutin dua kali dalam seminggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :