Ketika Decoupage Jadi Teman Pelipur Lara Di Perantauan

Akhirnya saya menemukan bahwa Decoupe adalah pilihan saya untuk mengatasi rasa jenuh. Apa itu Decoupage? Dari mana asal muasalnya? bagaimana cara mebuatnya? Decoupage adalah seni kerajinan tangan dari Prancis sejak abad ke-18.

Seni Decoupage pada intinya adalah kegiatan menempelkan kertas di atas objek benda atau suatu barang. Kertas untuk Decoupage ini memang khusus. Ada juga jenis kertas yang sangat tipis, seperti tisu bermotif atau bergambar.

Untuk objek benda yang akan ditempel juga ada banyak pilihan. Vas bunga, meja, kursi, lemari, tas, dompet, bahkan tembok! Benda tersebut tidak terbatas hanya berbahan kain dan kayu saja, tapi bisa juga bisa dengan bahan dasar keramik, porselen, tanah liat, gelas bening, kulit asli, kulit sintetis, dan lain-lain.

Motif bunga menjadi favorite dalam seni decoupage ( Foto : dok.pribadi)

Kok bisa ya kertas tisu bergambar itu menempel di barang atau benda tersebut?  jawabannya terletak pada jenis lem yang dipakai. Untuk membuat karya seni  Decoupage kita memerlukan lem khusus. Sekarang, baik di Indonesia maupun di Belanda sudah banyak toko yang menjual perlengkapan kerajinan tangan. Ada yang murah dan ada yang mahal. Biasanya harga akan menentukan kualitas. Tapi jangan khawatir. Lem yang murah pun akan tetap bisa berkualitas jika kita pandai merawat barang.

Lalu,  jenis kertas apa saja yang bisa dipakai untuk Decoupe?  Yang paling mudah kita gunakan adalah jenis kertas tisu atau napkin (tissue) bermotif.

Langkah pertama adalah memilih dan menentukan motif atau gambar apa yang menarik menurut kita.  Nah, soal kertas tisu bermotif  sekarang sudah banyak beredar di pasaran.

Di supermarket atau di toko khusus kerajinan tangan. Tisu dengan motif atau corak di supermarket pilihannya tentu sangat terbatas.

Jadi sebaiknya mencari kertas tisu untuk membuat Decoupe di toko yang menjual alat-alat kerajinan tangan. Di sana biasanya menjual tisu dengan corak atau motif yang lebih menarik dan memiliki nilai seni.

Bahan dasar tidak hanya terbatas dari kayu dan kulit saja, tapi juga keramik dan bahkan dinding ( foto: dok.pribadi)

Alternatif lain, tentu saja bisa membeli secara online. Biasanya mereka menjual kertas tisu untuk decoupe ini per lembar.  Tapi kita bisa memilih berbagai jenis corak yang unik dan tentu saja tidak bisa kita temukan di toko biasa. Dalam dunia Decoupage , jenis tisu ini disebut dengan rare napkins.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :