Seputar Cedera Otak

Jika Anda menderita kerusakan pada otak anda karena suatu penyakit, terjatuh atau karena hal lain, anda akan mendapat perawatan dari dokter atau spesialis untuk hal ini. Apalagi bila terjadi secara tiba-tiba, misalnya dengan serangan stroke, fokusnya ada pada perawatan yang mendesak saat itu juga. Pertolongan pertama

Konsekuensi yang tidak terlihat

Setelah itu sering juga terjadi kerusakan yang tidak terlihat. Anda hanya mendapatkannya atau mengalamainya buat beberapa saat. Tepat ketika anda dampaknya telah terlihat pulih secara fisik dan anda ingin menjalani kehidupan anda secara rutinitas, dan anda tiba-tiba mengalami kecacatan atau tidak bisa lagi melakukan rutinitas anda. Situasi tidak lagi seperti dulu. Cedera otak juga memiliki konsekuensi yang tidak terlihat bagi banyak orang.

Konsekuensi tak terlihat dari gangguan otak adalah, misalnya, perubahan dalam cara berpikir, emosi, dan perilaku Anda. Ini seringkali merupakan perubahan yang paling radikal dan paling sulit.

Keseimbangan baru

Ketika anda menemukan bahwa gangguan otak telah mengubah perilaku anda dan bahwa anda tidak akan pernah bisa kembali normal sepenuhnya, hal itu membutuhkan usaha yang sangat besar dari anda dan orang yang anda cintai, apalagi lingkungan sekitarnya. Untuk menemukan keseimbangan baru dalam kehidupan sehari-hari, anda harus belajar menghadapi situasi baru bersama.

Konsekuensi yang diketahui dari gangguan otak ini dapat menimbulkan berbagai masalah, antara lain kelelahan, stimulasi berlebihan, perubahan perilaku, masalah memori, masalah dengan keintiman dan seksualitasm, masalah dengan perhatian, masalah dengan fungsi eksekutif, dan masalah dengan pemikiran yang lebih lambat.

Sumber: WZH Nieuwe Berkendael, perawat bangsal Revalidatie NAH, Den Haag/Dessy Lombok
Editor: Tian Arief

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




Enter Captcha Here :